Malang
– Jum’at (23/8) Open house digelar di
kompleks Unit Kegitan Mahasiswa (UKM) gedung C. Open
house bertujuan untuk mempromosikan seluruh UKM agar dikenal oleh para
mahasiswa baru (Maba). Banyak cara unik yang
dilakukan masing-masing UKM untuk mempromosikan diri. Seperti UKM Penulis contohnya, sebagai UKM
bidang penalaran yang berfokus dibidang kepenulisan UKM Penulis mempromosikan
diri dengan cara menunjukkan karya-karya anggotanya yang berupa buku kepada Maba. Cara unik lainnya ditunjukkan Mahasiswa
Pecinta Alam (MPA) Jonggring Salaka, mereka memperlihatkan kemampuan
mereka bermain kayak. Cara unik yang
dilakukan oleh masing-masing UKM hanya bertujuan satu yaitu agar para Maba tertarik dan mau bergabung dengan mereka.
Para
Maba mengaku bahwa promosi yang dilakukan oleh pihak
UKM sangat menarik seperi Rizka contohnya dia mengungkapkan “Promosi yang dilakukan UKM Ikatan Pecinta Retorika
Indonesia (IPRI) keren dan asyik”. Hal ini beralasan sebab IPRI
melakukan promosinya dengan cara yang komunikatif, yaitu dengan cara melakukan
siaran radio secara langsung, hal inilah yang membuat komunikasi mereka menjadi lebih menarik menurut
penuturan Maba.
Hasil
kreativitas setiap UKM dalam mempromosikan diri mereka,
tercermin dalam respon yang ditunjukkan maba kepada UKM tersebut. Terdapat lima
UKM yang menjadi favorit para Maba. Setelah
diambil beberapa sampel dari
masing-masing fakultas secara acak. Respon positif paling banyak diberikan kepada
UKM IPRI. 20% maba menjadikan UKM IPRI sebagai yang terfavorit. Selain IPRI ada
dua UKM yang mendapat perhatian lebih dari para MABA, yaitu UKM Penulis dan BLERO
keduanya mendapat respon masing-masing sebesar 13%. Dan dua UKM untuk
melengkapi lima UKM terfavorit maba adalah Sanggar Minat (SAMIN) dengan 7% serta
Unit
Aktivitas Bola Basket (UABB) dengan 5%.
Hasil
ini tidak dapat dijadikan patokan, kalau nantinya di UKM tersebut akan menerima
lebih banyak anggota dari pada UKM yang lain. Tetapi hasil di atas setidaknya dapat dijadikan sebagai acuan
ketertarikan Maba terhadap
masing-masing UKM.(fhm/aft)
DATA
DALAM PERSEN (%)
*buletin hal.7. terbit edisi 2 September 2013
Comments
Post a Comment